BeritaEvent OrganizerInformasi TerUpdate

Event Organizer

Penggunaan jasa Event Organizer (EO) atau Event Planner setiap tahunnya mengalami peningkatan signifikan. Berbagai pihak memakai layanan tersebut untuk menggelar acara untuk perusahaan, resepsi pernikahan, hingga kegiatan outbound. Keberadaan EO dianggap memudahkan pihak-pihak yang ingin merancang acara berskala kecil maupun besar, tetapi terhalang kesibukan pekerjaan maupun keterbatasan waktu.

Perkembangan EO pun tak hanya di sekitar jumlah klien yang membutuhkan. Jenis-jenis penyelenggara event berkembang seiring bertambahnya jenis acara berkapasitas besar. EO lantas dibagi berdasarkan spesialisasinya, antara lain:

EO Outbound dan Training

Tipe EO ini adalah salah satu tipe yang paling banyak di jumpai di area wisata ataupun paling sering digunakan oleh perusahaan dalam kegiatan outing perusahaannya ataupun development Sumber Daya Manusia. Dalam perkembangannya EO Outbound mengutamakan kegiatan yang bersifat jasa edukasi dengan melibatkan penggiat alam terbuka dan juga Eksperiental Learning EL.

Orang-orang yang bekerja di EO Outbound sudah sangat familiar dengan kata Team Work Communication Leadership, karena value ini yang paling sering diminta oleh banyak perusahaan yang mengadakan kegiatan Outbound untuk Karyawan nya.

EO Weeding / Pernikahan

Tipe EO ini adalah salah satu yang paling umum dijumpai. Disebut juga dengan Wedding Organizer atau WO, penyelenggara acara ini bertugas untuk mengurus pernikahan sesuai permintaan klien. Dalam hal ini dapat mencakup serangkaian acara dari pertunangan hingga pesta atau resepsi saja. Sejumlah Event Organizer Bandung dan kota-kota besar lain di Indonesia pun kerap menawarkan pernikahan di tempat-tempat wisata yang sedang populer.

Orang-orang yang bekerja di Wedding Organizer tak hanya bertugas untuk mewujudkan acara yang diinginkan klien, melainkan juga menjaga kesakralannya. Terutama saat mereka mengurus pernikahan bertema tradisional yang sarat akan nilai adat yang tak boleh sembarangan dirombak.

EO MICE

MICE merupakan singkatan Meeting Incentive Convention Exhibition. Dengan kata lain, orang-orang yang bekerja di Event Organizer MICE fokus mengurus pertemuan, pameran, pelatihan, seminar, hingga EXPO. Skala acaranya yang besar membuat EO MICE lebih sering dipilih perusahaan atau lembaga pemerintahan. Hal tersebut juga disebabkan durasi setiap acara yang lebih lama dibandingkan acara-acara yang diurus jenis EO lainnya.

EO Musik dan Hiburan / Entertainment

Kemudian, ada EO yang secara khusus mengelola acara-acara musik, baik showcase yang berskala kecil, pensi (pentas kesenian) di sekolah menengah, festival, hingga konser. Sementara EO hiburan punya cakupan lebih besar, misalnya untuk mengadakan fan meeting selebritis. Namun, keduanya sama-sama harus mempunyai network luas nan kuat dengan management artis maupun musikus supaya acara yang diselenggarakan berjalan lancar.

EO Brand Activation

Sebagian besar Event Organizer Bandung dikenal dengan kapasitasnya dalam branding produk. Mereka menyebut dirinya sebagai EO brand activation yang tugas-tugasnya mencakup mengenalkan merek kepada target pasar hingga meningkatkan penjualan. Pada perkembangannya, jenis EO ini lebih sering disebut sebagai agensi dengan optimasi brand secara offline maupun online.

Lima EO di atas adalah sebagian jenis penyelenggara yang dikenal masyarakat luas. Masih ada EO yang menangani private party, haji dan umrah, ulang tahun, dan event-event lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.