Employee GatheringFamily GatheringInformasi TerUpdateOutbound TrainingTerbaru

Manfaat dan Tujuan Outbound Gathering

Manfaat Outbound Gathering

Banyak Perusahaan melakukan Outbound dan Gathering, sebetulnya apa sih manfaat dari Outbound Gathering ini ?

  • Manfaat dan Tujuan Outbound Gathering
  • Kegiatan belajar di alam terbuka seperti outbound bermanfaat untuk meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat. Kegiatan outbound membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Kegiatan ini akan menambah pengalaman hidup seseorang menuju sebuah pendewasaan diri.
  • Pengalaman dalam kegiatan outbound memberikan masukan yang positif dalam perkembangan kedewasaan seseorang. Pengalaman itu mulai dari pembentukan kelompok. Kemudian setiap kelompok akan menghadapi bagaimana cara berkerja sama. Bersama-sama mengambil keputusan dan keberanian untuk mengambil risiko. Setiap kelompok akan meng-hadapi tantangan dalam memikul tanggung yang harus dilalui.

Baca Juga : Lokasi Outbound Gathering di Cikole 

3 Lokasi Outbound di Cikole paling banyak di kunjungi

Baca Juga : Manfaat Outbound Bagi Perusahaan

Manfaat Outbound Training

Kegiatan Outbound Gathering akan dilakukan sepenuhnya oleh peserta didampingi dengan trainner dan instruktur serta team support yang akan membantu pencapaian hasil pembelajaran yang telah ditetapkan. Kegiatan ini mencangkup beberapa aktivitas antara lain :

  1. Ice Breaking :

sebagai salah satu sarana dan alat untuk merefresh kegiatan

family gathering kepada seluruh peserta.

  1. Problem Solving :

Perumusan masalah yang akan dihadapi serta dituangkan kedalam

perencanaan strategi yang efektif yang akan dikerjakan oleh seluruh peserta

  1. Diskusi :

Penyatuan pola pikir dan pola kerja berdasarkan pencapaian yang telah

diperoleh untuk selanjutnya dibuatkan kesimpulan bersama.

Destinasi Outbound Cikole
Destinasi Outbound Gathering Cikole

Tahapan Outbound

( Comfort Game ) ( kegiatan Ice Breaking )

Pada tahapan awal seluruh peserta akan lebih disatupadukan melalui suatu game ringan sebagai pencairan suasana yang  diharapkan peserta mampu untuk beradaptasi dengan kelompok dan lingkungan sekitarnya.

  ( Confidence Game ) ( Trust Building )

Proses berikutnya adalah penyamaan presepsi dan pola pikir diantara peserta melalui game komunikasi dalam kelompok kecil sehingga diharapkan seluruh peserta mengenal dengan baik teman dan lingkungannya sehingga para peserta mengenal kekuatan dan kelemahan masing-masing.

   ( Challenge Game ) ( Team Building )

Seluruh peserta akan diuji melalui permasalahan ( problem solving ) masing-masing peserta memberikan kontribusi dengan kreativitas dan sudut pandang masing-masing dan kemudian mencatatnya dan menyimpulkannya yang selanjutnya akan dipaparkan kepada kelompoknya yang tujuannya adalah mencapai kesimpulan bersama melalui proses diskusi.

  ( competition Game ) ( Fun Games )

Hasil dari kesimpulan bersama ( kelompok kecil ) akan diaplikasikan melalui suatu game dan dikompetisikan dengan kelompok lain dengan tujuan mencapai keberhasilan bersama dalam memenangkan setiap persaingan.

  ( Final Game ) ( Final Project )

Semua peserta yang tergabung didalam pelatihan akan berkolaborasi menyelesaikan program dengan membuat suatu kesepakatan dan komitmen tentang nilai-nilai yang telah disimpulkan di masing-masing kelompok kecil dan akan diuji secara komprehensif oleh instruktur melalui suatu Game Final.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.