Personal Assesment dalam sebuah kegiatan Outbound

Personal Assesment

Outbound di khususkan untuk dapat memberikan motivasi secara tidak langsung, disini peserta akan memahami apa yang dilakukannya melalui proses Learning by Experience, dimana peserta saling berinteraksi antara dirinya dengan pemikirannya ataupun antara dirinya dengan peserta lain karena terjadi dinamika kelompok.

Khusus untuk peserta yang notabene sebagai karyawan ataupun staff perusahaan, Learning Point yang didapatkan dari suatu kegiatan Outbound sangat penting untuk disampaikan. Karena penilaian ini dapat dijadikan catatan khusus bagi personal peserta ataupun perusahaan.

Penilaian yang dilakukan ini bersifat Objektif dan dalam satu waktu, yakni penilaian didapatkan dengan melihat dinamika sebatas yang terjadi di lapangan, sebagai contoh Jika peserta melakukan komunikasi yang tidak baik ataupun tidak dapat bekerjasama dengan team dalam kegiatan Outbound ini, belum tentu hal ini dilakukan di tempat kerjanya, namun catatan ini menjadi penting jika menilai personal dalam keaadaan yang tidak biasa, yaitu bagaimana peserta merespon semua dinamika yang terjadi saat peserta berada di Lapangan.

Simulasi permainan juga dapat menjadi role model motivasi ketika peserta dengan dinamika kelompok yang baik, komunikasi yang baik dan kerjasama yang baik, Hasil Simulasi ini dapat di aplikasikan dalam pekerjaannya, terlepas dari SOP dari perusahaan yang berbeda-beda.

Learning Point Berdasarkan pada :

  1. Kepemimpinan
  2. Disiplin
  3. Komunikasi yang baik
  4. Antisipatif
  5. Mengendalikan Emosi

Dari kelima dasar penilaian diatas, fasilitator kami melakukan assessment selama kegiatan berlangsung. Dari mulai proses pencairan suasana, pengelompokan peserta dan teambuilding, proses dinamika kelompok baik itu personal anggota kelompok maupun kelompoknya, kami mendapati penilaian sebagai berikut :

Peserta harus memiliki kemampuan dalam memimpin dan menyampaikan gagasan, berkomunikasi efektif, Disiplin, dapat mengantisipasi perubahan tantangan dan suasana dari setiap simulasi permainan, dan dapat mengendalikan emosi. Terlihat dari beberapa simulasi yang dimainkan.

Kesimpulan Assesment :

Semua peserta dapat berinteraksi dengan baik, namun dari semua peserta, hanya beberapa orang yang menonjol secara positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *